JIHAD NABI DI BUMI PALESTINA

Palestina adalah bumi penuh berkah yang Allah jadikan sebagai tempat turunnya risalah, tempat berhimpunnya kebudayaan dan sebagai tempat hijrah para nabi-Nya. Di dalamnya terdapat kiblat pertama dan tempat di-isra’-kannya Nabi SAW, di dalamnya pula Dajjal akan binasa melalui tangan al-Masih as. dan dibinasakannya Ya’juj dan Ma’juj. Serta di dalamnya pula, bebatuan dan pepohonan akan berkata, “Wahai muslim! Wahai hamba Allah! Ini ada Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah dia!”, maka yahudipun akan binasa melalui tangan hamba-hamba Allah yang shalih di bumi Palestina.

Rasulullah pernah mengimami seluruh Nabi di Masjid al-Aqsha, agar Imamah (kepemimpinan) dan siyadah (kekuasaan) di atas Masjidil Aqsha tetap langgeng, agar seluruh makhluk tunduk terhadap islam. Selama perputaran sejarah, kerajaan-kerajaan dan negeri-negeri saling bermusuhan untuk memperebutkannya, mereka saling membinasakan dan mengalahkan dalam rangka menguasainya dan mendudukinya. Dikarenakan Palestina adalah bumi Allah terpilih (the choosen land) yang Allah memilihnya sebagai tempat hijrah bagi khalil (kesayangan)-Nya Ibrahim dan Kalim-Nya (Kalim = Orang yang diajak bercakap) Musa, sebagai tempat kelahiran Isa dan tempat isra’nya Muhammad SAW.

Di saat kemunculan Islam, Palestina saat itu di bawah kekuasaan imperium Romawi yang salibis paganis. Maka merupakan keharusan mensucikan Palestina dari najis-najis mereka. Nabi telah menulis surat kepada Raja Romawi dan mengutus kepadanya beberapa utusan. Nabi SAW pernah mengerahkan pasukan dalam jumlah besar, dan Palestina ketika itu termasuk salah satu bagian negeri Syam. Belum pernah terja di saat itu adanya pembatasan-pembatasan wilayah/area yang dipisahkan oleh perjanjian ‘Saikus baiku’ yang memilukan (seperti saat ini). Diantara pengutusan yang pernah dilakukan Nabi ke negeri Syam dan Palestina adalah :

Pertama : Pengutusan Mu’tah yang terjadi pada bulan Jumadil Akhir di tahun kedelapan Hijriah, tatkala Nabi SAW mengutus para pembesarnya ke Mu’tah (Suatu tempat di Yordan sekarang yang dekat dengan kota Kurk), suatu desa di negeri Syam, dalam rangka menuntut balas atas pembunuhan kaum muslimin di sana. Maka, beliau memerintahkan para sahabatnya untuk memberikan kepemimpinan kepada maula (mantan budak) beliau, Zaid bin Haritsah, sembari beliau bersabda : “Jika Zaid terbunuh maka Ja’far bin Abi Thalib sebagai penggantinya, jika Ja’far terbunuh, maka Abdullah bin Rawahah sebagai penggantinya”, mereka pun keluar dengan jumlah hampir 3000 pasukan, Rasulullah SAW juga turut keluar mengantarkan mereka di sebagian perjalanan mereka, kemudian mereka melanjutkan perjalanan hingga tiba di Mi’aan (sebuah kota yang terkenal di selatan Yordan, sejauh 200 km dari Amman) lalu tersiar kabar bahwa Raja Romawi Heraklius telah keluar bersama seratus ribu pasukan , disertai sekutunya Malik bin Zufalah dengan seratus ribu pasukan lainnya, dari kaum nashrani arab, dari suku Lakhum, Judzam dan kabilah Qudlo’ah dari suku Bahra’, Balla dan Balqoin.
Lantas kaum muslimin bermusyawarah di sana, mereka berkata : “Kita tulis surat kepada Rasulullah SAW apakah beliau memerintahkan kita dengan perintahnya ataukah beliau menolong kita”, maka berkata Abdullah bin Rawahah ra : “Wahai kaum! Demi Allah, sesungguhnya kalian keluar berjihad mengharapkan apa yang ada di depan kalian, yaitu syahid !!! Dan kalian tidaklah memerangi manusia karena kuantitas maupun kekuatan ! Akan tetapi kita memerangi mereka hanyalah semata-mata karena agama ini, yang Allah telah memuliakan kita dengannya… maka berangkatlah ! Karena ada dua kebaikan menunggu di sana: yaitu kemenangan atau syahid !!!”.
Para sahabatpun mensepakatinya, kemudian mereka bangkit.

Ketika kaum muslimin sedang mendirikan tenda di Balqo’, mereka bertemu dengan pasukan Romawi dalam jumlah besar, maka kaum muslimin berhenti di dekat Mu’tah dan pasukan Romawi berada di desa yang bernama Masyarif, akhirnya mereka bertemu dan saling berperang dengan peperangan yang dahsyat. Di sela peperangan, Zaid bin Haritsah ra. terbunuh dan bendera saat itu berada di tangannya.
Lantas Ja’far mengambil bendera tersebut, dan beliau turun dari kuda perangnya yang berambut pirang dan menyembelihnya, kemudian beliau berteempur hingga tangan kanannya terputus, diraihnya bendera dengan tangan satunya hingga tangan kirinya terputus pula. Akhirnya beliau memeluk bendera tersebut hingga akhirnya beliau Radhiallahu ‘anhu gugur dalam usia 33 tahun. Lalu, bendera diambil oleh Abdullah bin Rawahah al-Anshari ra. , beliau termenung sesaat dan sejurus kemudian beliau memantapkan diri maju berperang hingga akhirnya turut terbunuh pula. Ada pendapat mengatakan, sesungguhnya Tsabit bin Arqom yang memegang bendera selanjutnya, dan kaum muslimin menghendaki beliau memimpin mereka, namun beliau enggan, maka Khalid bin Walid ra. yang mengambil bendera, beliau mendorong semangat kaum muslimin, hingga akhirnya beliau membebaskan kaum muslimin dari musuh mereka, dan Allah menganugerahkan kemenangan melalui kedua tangannya, sebagaimana Rasulullah telah memberitakan hal ini seluruhnya ketika di Madinah pada saat yang sama pada hari itu, saat beliau berdiri di atas mimbar, beliau mengumumkan gugurnya para pembesar sahabat satu persatu dan kedua air mata beliau SAW bercucuran air mata. Kisah ini dinukil dari sebuah hadits ini terdapat dalam kitab ‘Ash-Shahih’, akhirnya malam hari tiba dan kaum kuffar berhenti berperang.
Melihat banyaknya jumlah musuh dan sedikitnya jumlah kaum muslimin dibandingkan mereka, namun tidak banyak korban dari kaum muslimin yang terbunuh menurut penuturan ahli sejarah, mereka tidak menyebutkan nama-nama korban kaum muslimin melainkan hanya sekitar sepuluh orang saja. Kaum muslimin kembali untuk kesekian kalinya, dan Allah senantiasa melindungi dari kejahatan kaum kafir, segala pujian dan sanjungan bagi Allah, dimana peperangan ini mendasari peperangan melawan Romawi berikutnya dan penghancur muduh-musuh Allah dan Rasul-Nya.

Kedua : pengutusan Usamah bin Zaid ra. Pengutusan ini merupakan penyempurna pengutusan ayahnya, Zaid bin Haritsah sebelumnya, sekaligus membalas pasukan Romawi yang telah membunuh ayahnya di Mu’tah. Nabi SAW yang memerintahkan pengutusan Usamah dan beliau saat itu berada di atas pembaringan kematian, dan pasukan Usamah saat itu berkumpul di Jarfi di saat wafatnya Rasulullah SAW.
Termasuk petunjuk Nabi kita SAW adalah, beliau tidak memulai memerangi seseorang sebelum menyampaikan dakwah dan mengajaknya kepada Allah Ta’ala. Rasulullah benar-benar memegang manhaj ini sebagai pengejawantahan berpegang kepada perintah Allah Ta’ala. Beliau berpegang kepada manhaj ini terhadap seluruh kaum yang memeranginya baik dari kabilah Arab ataupun raja-raja dan pembesar di zamannya. Beliau seru mereka kepada Allah Ta’ala dan mengutus kepada mereka utusan serta mengirim surat-surat beliau yang mengajak kepada Allah, tanpa terkecuali seorangpun dari mereka. Diantaranya adalah :
Surat beliau kepada Raja Romawi Heraklius. Dari hadits Ibnu Abbas ra. bahwasanya Abu Sufyan mengabarkan : “Aku pernah bersama Rasulullah barang sesaat dan hanya ada aku dan beliau”, lantas Abu Sufyan berkata : “Tatkala aku di Syam, datang sebuah surat dari Rasulullah kepada Heraklius, yaitu pemimpin tertinggi Romawi”. Beliau melanjutkan, “Komandan pasukan Kalbi datang dengan surat tersebut, kemudian dia serahkan kepada Raja Bashra dan Raja Bashra menyerahkannya kepada Heraklius, yang isinya dibuka dengan kalimat :”Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dari Muhammad utusan Allah kepada Raja Romawi Heraklius.. Keselamatan bagi siapa saja yang mengikuti petunjuk… Setelah itu (kalimat berikutnya -red):”Sesungguhnya aku menyerumu dengan seruan Islam, maka masuklah ke dalam agama Islam maka engkau akan selamat, dan niscaya Allah akan membalasmu dengan ganjaran dua kali lipat. Jika engkau berpaling, maka sesungguhnya bagimu dosa seluruh pengikutmu…
Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah.” Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).” (Ali Imran : 64)”

[penulis : Asy-Syaikh DR. Abu Anas Muhammad Musa Alu Nashr, dialih-bahasakan oleh Abu Salma dari Majalah Al-Asholah no.30 tahun ke-5, Maktabah Abu Salma Al-Atsari)
http://geocities.com/abu_amman/jihadpalestina.htm
note : artikel di atas telah dimuat dalam Labbaik , edisi : 032/th.03/Jummadil Akhir-Rajab 1428H/2007M)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: