Pernyataan Bersama Mengutuk Pelecehan Al Qur’an Di Kamp Guantanamo

Berkaitan dengan penghinaan terhadap al-Qur’an, sebagai kitab suci umat Islam, yang dilakukan oleh pasukan Amerika Serikat (AS) di Kamp Guantanamo, kami atas nama umat Islam di Indonesia, dengan ini menyatakan :

1- Mengutuk tindakan penghinaan terhadap al-Qur’an yang telah dilakukan oleh pasukan AS tersebut. Sesungguhnya tindakan ini bukan hanya menghina kitab suci umat Islam, tetapi juga menghina Islam dan umatnya.

2- Sesungguhnya pelecehan terhadap kesucian Islam, sebagaimana yang dilakukan terhadap kitab suci al-Qur’an, hanya bisa dibela dan dipertahankan oleh penguasa kaum Muslim yang membela kepentingan Islam dan kaum Muslim, sehingga dia akan bisa menjadi perisai bagi Islam dan kaum Muslim. Sebagaimana sabda Rasulullah saw :”Seorang imam (penguasa/kepala negara) itu bagaikan perisai.” (HR.Bukhari dan Muslim).
Tanpanya, niscaya kesucian Islam dan kemuliaan umatnya akan senantiasa dinodai oleh kaum Kufar.

3- Menyerukan kepada seluruh umat Islam di Indonesia, khususnya, juga umat Islam di seluruh dunia, baik yang duduk di jajaran legislatif, eksekutif, judikatif, kepolisian, militer, termasuk para ulama’, intelektual maupun masyarakat awam agar segera bersatu di bawah naungan Islam. Hanya dengan itulah, kita akan mempunyai kekuatan, sehingga kesucian agama dan kehormatan kita sebagai umat Islam akan tetap bisa dipertahankan.

4- Sesungguhnya perang Amerika dan sekutunya, dengan dalih perang melawan terorisme, baik yang dilakukan terhadap Afganistan, Irak maupun negeri-negeri kaum Muslim yang lain, hanyalah kedok untuk menghancurkan Islam dan umatnya. Tujuannya tidak lain hanyalah untuk mengangkat dan mengukuhkan rezim boneka, yang bisa mereka peralat untuk menghancurkan Islam dan umatnya. Maka, seluruh komponen umat Islam harus mewaspadai propaganda jahat negara-negara Kafir imperialis tersebut, yang bertujuan untuk menjajah dan menguasai negeri mereka dengan cara mengadu domba mereka, dan memecah belah kesatuan dan persatuan mereka.

5- Menuntut pemerintah Amerika agar meminta maaf secara terbuka kepada umat Islam di seluruh dunia, dan menghentikan perlakuan keji terhadap Islam dan umatnya di seluruh dunia.

6- Menuntut pemerintah Indonesia dan seluruh dunia Islam untuk mengambil sikap tegas terhadap penghinaan dan pelecehan terhadap kitab suci umat Islam.

Jakarta, 13 Mei 2005

Atas Nama Umat Islam Indonesia :
01. Komite Islam untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI),
02. Hizbut Tahrir Indonesia (HTI),
03. Al-Irsyad Al Islamiyyah,
04. Badan Koordinasi dan Silaturrahmi Pondok Pesantren Indonesia (BKSPPI),
05. Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Azhar,
06. Front Pembela Islam (FPI),
07. Majelis Mujahidin Indonesia (MMI),
08. Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII),
09. Ikatan Da’i Indonesia (IKADI),
10. Tim Pembela Muslim (TPM),
11. Gerakan Pemuda Muslim Indonesia (GPMI),
12. Korp Ulama’ Betawi,
13. dan Organisasi Islam lain.

Lampiran Acara :
1. Pemutaran Film Dokumenter : Membongkar Kekejaman Amerika di Irak atas nama Freedom dan Demokrasi (durasi 12:25 menit)
2. Pembukaan Tabligh Akbar : MC (Sudadi – HTI)

Para Orator :
01 – Mashadi- KISDI
02 – KH Hussein Umar – DDII
03 – H. Ahmad Soemargono – GPMI
04 – Habib Riziq Shihab – FPI
05 – Ust. Abu Jibril – MMI
06 – KH Muhammad al-Khatthath – HTI
07 – Farouk Bajeber – Al Irsyad
08 – Geys Amar – Al Irsyad
09 – Mahendrata – TPM
10 – Ahmad Sathori Ismail – IKADI
11 – Ridwan Saidi – Ulama’ Betawi

Pembacaan Pernyataan Bersama: Mengutuk Penghinaan Al-Qur’an Di Kamp Guantamo Oleh Tentara Amerika – KH Kholil Ridhwan – BKSPPI
Doa: Ustadz Arifin Ilham – Majelis al-Dzikra
Konferensi Pers: Pembacaan Press Release: Mengutuk Penghinaan Al-Qur’an Di Kamp Guantanamo Oleh Tentara Amerika, Ustadz Muhammad Ismail Yusanto. – HTI

http://www.hizbut-tahrir.or.id/modules.php?name=News&file=article&sid=519

RI : Pelecehan Al Qur’an oleh Tentara AS ‘Nista’ dan ‘Tak Bermoral’

Pemerintah Indonesia mengecam pelecehan terhadap Al-Qur’an yang diduga dilakukan oleh tentara Amerika Serikat di pusat tahanan pangkalan Angkatan Laut AS di Teluk Guantanamo baru-baru ini dan menyebut tindakan tersebut sebagai “nista” dan “tidak bermoral”.
“Saya ingin tegaskan, tindakan ini adalah tindakan yang nista, tindakan yang ‘imoral’. Tindakan terhadap kitab suci seperti Al Qur’an, Injil atau apapun seperti itu sama sekali tidak bisa dibenarkan,” kata Juru Bicara Deplu-RI, Marty Natalegawa, di Jakarta, Jumat. Marty ketika itu ditanya komentarnya mengenai sikap Indonesia –negara Muslim terbesar di dunia– terhadap laporan media tentang pelecehan terhadap Al Qur’an yang dilakukan prajurit AS yang sedang berupaya menjatuhkan mental tahanan Afghanistan di Penjara Guantanamo.

Majalah Newsweek baru-baru ini melaporkan bahwa sejumlah aparat AS melakukan penghinaan terhadap kitab suci umat Islam di penjara Guantanamo. Di antara bentuk penghinaan oleh petugas interogasi tersebut adalah mereka menaruh Al Qur’an itu di toilet. “Kita sangat menyesali dan tidak dapat menerima insiden tersebut “, ujar Marty. Marty berharap pihak otoritas AS segera melakukan investigasi mengenai kasus tersebut karena sangat menyangkut masalah sensitif keagamaan.
Keberatan Indonesia mengenai pelecehan terhadap Al Qur’an, menurutnya, sudah di sampaikan kepada Pemerintah AS melalui pembicaraan diplomasi. (Ant)

http://www.elenda.net/4-9.htm

“Harus ada segolongan dari kamu yang mengajak pada kebaikan, menganjurkan kebaikan dan mencegah kemungkaran. Dan merekalah orang yang beruntung lagi bahagia.” – (QS Al-Imron : 104)

“Janganlah kamu lemah, dan jangan pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang yang beriman” (QS Ali-Imran: 139)

note : artikel di atas telah dimuat dalam Labbaik edisi no.014/th.02/Rabi’ul Tsani-Jumada Al Awwal 1426H/2005M

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: