Anak Bertanya Keberadaan Allah SWT

Pertanyaan :
Assalamualaikum wr. wb.
Pak Ustadz yang terhormat, saya mempunyai anak berumur 6 tahun. Dia pernah menanyakan sesuatu terhadap saya. Adapun pertanyaannya sebagai berikut:
1.Yah, Allah itu ada dimana ?
2.Kasihan Allah ya Yah, Dia kan sendirian.

Atas pertanyaan tersebut saya belum mendapatkan jawaban yang tepat untuk anak saya. Sudilah kiranya Ustadz membantu saya. Terima kasih atas jawabannya.
Wassalamualaikum wr,wb
Yuliadi Bangsakrama

Jawaban :
Pertanyaan seperti ini mungkin membingungkan untuk dijawab, namun karena secara tegas jawabannya ada di dalam Al-Quran, maka tidak ada keraguan untuk menjawabnya. Sebab apa yang tertulis di dalam Al-Quran itu pasti benarnya. Apalagi segala yang terkait dengan keberadaan Allah SWT. Maka jawablah dengan ayat Al-Quran, karena hanya itulah informasi resmi yang syah untuk disampaikan, termasuk kepada anak-anak sekalipun. Sebab Al-Quran ini diturunkan untuk seluruh manusia, bukan hanya untuk orang dewasa saja. Laki-laki dan wanita tidak dibedakan. Demikian juga orang dewasa dan anak-anak pun tidak dibedakan. Apa yang ada di dalam Al-Quran semuanya benar.

Maka silahkan saja anda jawab sesuai dengan apa yang diberitakan oleh Allah sendiri tentang keberadaan-Nya. Di dalam Al-Quran yang merupakan wahyu dari Allah SWT kepada semua manusia, Allah telah menyebutkan bahwa Dia berada di suatu tempat.

Pertama, silahkan buka Al-Quran dan carilah surat ke-67 yaitu Surat Al-Mulk ayat 16-17 :”Tidakkah kamu merasa aman dari Allah yang berada DI LANGIT bahwa Dia akan menjungkir-balikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu berguncang. Atau apakah merasa aman terhadap Allah yang DI LANGIT bahwa Dia akan mengirimkan badai yang berbatu. Maka kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat) mendustakan peringatan-Ku.” (QS Al-Mulk: 16-17). Ayat ini juga didukung oleh hadits Rasulullah SAW berikut ini :”Dari Abdullah bin Amr bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Kasihanilah yang bumi maka kamu akan dikasihani oleh Yang DI LANGIT”. (HR.Tirmidzi). Maka anda bisa mengatakan bahwa Allah itu ada di langit sebagaimana zahir nash yang ada di dalam Al-Quran Al-Kariem.

Kedua, anda juga bisa buka surat lainnya :”Yang Maha Pemurah itu berada di ‘ARSY- BERSEMAYAM.” (QS Thaha: 5), “Sesungguhnya tuhan kamu adalah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi lalu bersemayam di ATAS ‘ARSY.” (QS Al-A’raf: 54). Kedua ayat ini menjelaskan bahwa Allah itu ada di ARSY, sesuatu yang sudah pasti benarnya karena itulah keterangan Al-Quran. Dan dalil yang menyebutkan bahwa Allah ada di langit, ‘Arsy atau di tempat yang tinggi itu sangat banyak sekali dalam Al-Quran maupun Al-Hadits.

Yang penting harus diterangkan bahwa keberadaan-Nya tidak sama seperti manusia atau mahkluk-Nya. Begitu juga bila orang atau anak bernyata apakah Allah punya mata, telinga, tangan dan kaki, maka jawabnya adalah “ya”. Tapi kesemuanya tidak sama dengan yang dimiliki manusia atau makhluk apapun di dunia ini. Karena Allah itu tidak sama dengan apapun. “Katakanlah (wahai Muhammad) bahwa Allah Itu Esa. Allah adalah tempat bergantung. Tidak beranak dan tidak diperanak. Tidak ada sesuatu pun yang menyerupainya.” (QS Al-Ikhlas: 1-4). Maka meski Allah di Langit atau di ‘Arsy, tapi keberadaannya tidak sama dengan manusia atau makhluk umumnya. Sebab Dia adalah Tuhan yang menciptakan keduanya. Wallahu a’lam

http://www.eramoslem.com/ks/us/45/10409,1,v.html

Note : artikel di atas telah dimuat dalam Labbaik edisi : 004/th.01/jumada al awwl 1425H/2004M

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: